Kapan Waktu yang Tepat Mengerjakan Annual Report?

Pembuatan annual report menjadi salah satu pekerjaan yang paling menguras energi, tenaga, waktu, dan juga pikiran. Bagaimana tidak, setiap perusahaan pastinya harus mempertanggungjawabkan setiap proses dan performa yang telah dilakukan selama satu tahun kepada investor dan para pemegang saham. Tidak berhenti sampai di situ, laporan ini juga harus bisa menjadi media pemasaran untuk calon investor lainnya.

Tak jarang jika banyak perusahaan yang memilih menggunakan jasa pembuatan annual report. Alih-alih mengonsep dan menyusunnya sendiri, mereka lebih percaya pada konsultan annual report dalam membuat laporan tahunan.

Sesuai namanya, laporan akhir tahun pada umumnya dikerjakan menjelang penutupan tahun. Dan untuk perusahaan terbuka atau jasa keuangan, laporan ini akan diserahkan selambatnya pada awal bulan April tahun berikutnya.

Lalu, kapankah waktu yang tepat untuk membuat atau mengerjakan annual report perusahaan? Tentu saja jawabannya adalah saat ini juga, karena semakin cepat perusahaan menyusun laporan akhir taun, semakin cepat pula ide dan rencana perusahaan untuk tahun berikutnya didiskusikan. Seiring dengan hal tersebut, pada saat-saat inilah konsultan atau jasa pembuatan annual report mulai dicari.

Selain itu, semakin perusahaan menunda untuk membuat laporan tahunan, hal-hal kecil yang justru harus mendapatkan perhatian bisa saja terlupakan untuk dimasukkan dalam laporan. Inilah yang membuat manajemen di setiap perusahaan harus mencatat setiap keberhasilan yang telah dicapai juga kendala dan masalah yang pernah dialami. Semua detil ini akan menjadi pedoman perusahaan dalam membuat perencanaan kerja di tahun mendatang.

Pembuatan laporan tahunan tidak hanya menjadi tanggung jawab satu departemen, melainkan melibatkan koordinasi dan kerja sama dari seluruh bagian yang ada di suatu perusahaan. Performa semua departemen dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab pun akan terlihat ketika penyusunan laporan tahunan dilakukan. Dan pastinya, meskipun menggunakan jasa pembuatan annual report, laporan tahunan perusahaan tidak bisa selesai disusun dalam waktu sehari. Diskusi dan peninjauan kinerja juga harus dilakukan jauh sebelum laporan mulai disusun.

Pada umumnya, jumlah halaman menjadi kendala yang cukup sering ditemui ketika menyusun laporan tahunan. Misalnya, satu departemen memiliki jatah maksimal tiga halaman. Akan tetapi, setelah berhasil mengumpulkan data, justru kebutuhan halaman menjadi jauh lebih banyak dan mengakibatkan perlunya penghitungan ulang. Untuk menghindarinya, cukup masukkan data-data atau informasi yang penting saja dari masing-masing departemen.

Laporan tahunan juga berfungsi sebagai media pembelajaran setiap perusahaan. Pastinya, ide dan rencana akan lebih mudah dibuat jika perusahaan telah mengetahui semua kendala dan capaian dari setiap departemen yang ada. Dan itu akan sulit dilakukan tanpa adanya laporan tahunan. Tentunya, rencana tersebut tidak hanya dari segi internal perusahaan, tetapi juga dari lingkup eksternal.

Oleh karena itu, mulailah kumpulkan data perusahaan dari sekarang. Jika Anda membutuhkan konsultan annual report, segera hubungi Sooca Design Agency melalui kontak berikut.

Leave a Reply

%d bloggers like this: