hal yang harus terdapat dalam brosur

Brosur merupakan sebuah sarana yang diminati oleh banyak pengusaha untuk memasarkan
produknya karena memiliki banyak keunggulan. Namun, agar brosur promosi dapat menarik perhatian masyarakat untuk membacanya dan agar pesan promosinya dapat tersampaikan dengan baik, berikut ini adalah hal yang harus terdapat dalam brosur :

 

Gambar / tulisan harus jelas

Dalam sebuah brosur terutama yang dipergunakan untuk menarik calon konsumen pemilihan gambar/tulisan adalah faktor yang paling penting. Sebuah brosur yang memiliki gambar yang benar-benar mencerminkan isi dan maksud dibuatnya brosur dapat memiliki presentase keberhasilan lebih tinggi jika dibandingkan dengan brosur yang memiliki gambar seadanya. Bagi pemula gambar tidak harus dibuat sendiri, dapat juga di-edit dari berbagai sumber yang telah ada.Brosur Peta infografis lokasi astra forest-upload

Komposisi gambar & tulisan harus proposional

Komposisi gambar & tulisan dalam sebuah brosur harus proposional dan sesuai dengan tujuan dibuatnya brosur. Sebuah brosur dapat menonjolkan gambar lebih banyak dibandingkan dengan tulisan jika pembuat brosur merasa calon konsumen sudah mengerti dengan maksud dan tujuannya.

 Perhatikan komposisi warna

Brosur/ dengan warna yang terang bisa jadi menarik calon pelanggan pada pandangan pertama, tapi dapat juga mengganggu pandangan jika komposisinya terlalu mencolok. Pastikan komposisi warnanya cukup baik dan cukup menarik calon pelanggan. Konsultasikan komposisi warna brosur dengan bagian percetakan.

Sesuaikan isi dengan kebutuhan

Isi dari brosur sangat menentukan ketertarikan calon pelanggan. Sebuah brosur dapat memiliki isi bermacam-macam tergantung dari tujuan dibuatnya. Isinya dapat berupa perkenalan usaha, promosi produk/jasa baru, potongan harga/discount produk/jasa tertentu, atau pun yang berkaitan degan acara/event yang akan berlangsung. Pastikan isi yang akan dicantumkan sesuai dengan yang diharapkan.

Pastikan isi menimbulkan rasa penasaran yang tinggi

Pastikan brosur yang dibuat memiliki isi yang membuat calon pelanggan sangat penasaran. Faktor utama dari keberhasilan feedback brosur adalah rasa penasaran dan keingintahuan, jadi pastikan isi dari brosur membuat calon pelanggan menjadi tertarik untuk minimal menghubungi. Jangan cantumkan harga atau hal lain yang membuat calon pelanggan enggan menghubungi, masukkan saja kata-kata atau hal-hal yang menarik, dan membuat penasaran.

Identitas harus jelas

Pastikan brosur memiliki identitas yang jelas, sehingga calon pelanggan tidak kesulitan untuk menghubungi. Identitas disini dapat berupa nomor telepon, alamat kantor/rumah, alamat website, atau pun identitas lainnya. Gambar kecil dari peta jalan juga dapat mencantumkan didalam sebuah brosur agar calon pelanggan dapat mengetahui dengan mudah lokasi yang diinginkan. Dapat juga dicantumkan jam & hari operasional kantor, jam & hari event, jam & hari berlangsungnya promosi,dll.

Trial and error

Cobalah untuk membuat beberapa model desain dan coba untuk mencetak dengan jumlah sedikit berlebih dahulu (cetak menggunakan printer terlebih dahulu). Konsultasikan dengan teman-teman terdekat dan pastikan brosur yang benar-benar menarik perhatian dan rasa penasaran mereka sebelum membawa desain brosur ke tempat percetakan.

Sesuaikan ukuran kertas

Ukuran kertas juga wajib diperhatikan dalam membuat sebuah brosur. Jangan membuat brosur terlalu kecil hanya karena ingin menghemat pengeluaran atau pun karena isi brosur terlalu sedikit. Brosur yang terlalu kecil justru tidak akan menarik perhatian calon pelanggan. Ukuran kertas yang terlalu besar juga tidak terlalu dianjurkan karena selain biaya cetak lebih mahal juga tidak akan terlalu menimbulkan rasa penasaran pada calon pelanggan.

Sesuaikan ketebalan kertas

Ketebalan kertas juga mempengaruhi hasil dari brosur yang dibuat. Brosur yang dibuat dengan kertas yang terlalu tipis membuat brosur menjadi mudah sobek, dan mudah terlipat. Brosur yang terlalu tebal juga membuat ongkos cetak menjadi lebih tinggi. Jadi pastikan ketebalan kertas yang sesuai dengan keinginan.

Jenis cetakan

Brosur yang akan dicetak tidak harus selalu berwarna. Brosur dapat dicetak dalam hitam putih atau warna dasar lainnya selama gambar dan tulisan yang terdapat dalam brosur sudah cukup jelas. Namun apabila brosur mengandung gambar yang memerlukan banyak warna, jangan mencetaknya dengan cetakan hitam putih atau pun cetakan warna dasar, karena hal itu justru akan merusak kesan dari brosur.

Tentunya mendesain brosur tidak lah mudah. Untuk Anda yang berdomisili di Jakarta, Semarang, dan sekitarnya, jika Anda membutuhkan jasa desain brosur kami Sooca Design Firm siap membantu Anda dalam mendesain brosur yang menarik dan berkualitas. Tak hanya mendesain brosur Sooca Design Firm juga dapat menangani berbagai macam desain grafis lainnya. Hubungi kami di kontak .

 

sumber : ribiznetwork.com/profiles/blogs/hal-hal-yang-perlu-diperhatikan-dalam-membuat-sebuah-brosur-iklan

Leave a Reply

%d bloggers like this: