Strategy desain kemasan minimalis berupa contoh dan konsep dipakai oleh banyak perusahaan yang telah memiliki brandawareness cukup dan produksi yang banyak hingga jutaan product dihasilkan tiap minggunya. Dengan penggunaan desain minimalis, biaya produksi ditekan hingga semurah mungkin. Dengan cara ini pula efktifitas pentingnya desain kemasandalam pemasaran dan kemudahaan keterbacaan semakin meningkat. Menggunakan strategy ini juga memerlukan pertimbangan tertentu dan kurang cocok untuk produk varian baru, brnad baru atau skala kecil menengah. Kami pikir hampir setiap produk memerlukan beberapa review untuk perasaan minimal.

label

Mengapa kita berasumsi sederhana adalah hal yang baik?

Karena dengan produk fisik, kita harus merasa bisa mendominasi mereka. Seperti Andamenggunakan kompleksitas sebagai salah satu cara, Anda menemukan cara untuk membuat produk tunduk kepada Anda. Kesederhanaan bukan hanya gaya visual. Ini bukan hanya minimalis atau tidak adanya kekacauan. Ini melibatkan proses menggali kedalaman kompleksitas. Agar benar-benar sederhana, Anda harus mecari benar-benar mendalam. Misalnya, ketika Anda tidak memiliki sekrup pada sesuatu, menambah fitur baru, objek baru bahakn elemen yang sama sekali tidak perlu, Anda bisa berakhir memiliki produk yang sangat berbelit-belit dan sangat kompleks. Cara yang lebih baik adalah untuk pergi lebih dalam dengan kesederhanaan, untuk memahami segala sesuatu tentang hal itu dan bagaimana itu diproduksi. Anda harus sangat memahami esensi dari produk agar mampu menyingkirkan bagian-bagian yang tidak penting.

Ada beberapa hal yang perlu dipahami sebelum memutuskan menggunakan desain kemasan minimalis pada suatu produk, diantaranya :
1. Produk tersenbut bukanlah produk yang baru dibuat, varian baru dan bran baru. Untuk kasus seperti ini membutuhkan desain yang mencolok dan mendominasi pasaran. Sedang membangun brand atau bisa dikatakan perlu mengenalkan produk kepada konsumen. Belum ada konsumen setia bila ada pun masih terbilang sedikit.
2. Produk tersebut telah memiliki pelanggan setia yang biasanya akan selalu dipakai (misal: bahan poko makanan, popok bayi dll). Akan sangat tepat jika merupakan market leader.
3. Brand sudah sangat dikenal oleh pelanggan. Dikenali melalui logo, brandmark,warna, tipografi, bentuk kemasan, letak dalam deretan rak dan variasi
4. Anda memahami apa yang benar-benar perlu dan mana yang bisa saja dihilangkan

sumber : http://www.ahlidesain.com/desain-kemasan-minimalis.html

Untuk Anda yang berdomisili di Jakarta, Semarang, dan sekitarnya. Jika Anda membutuhkan jasa desain kemasan Sooca Design Firm adalah pilihan yang tepat untuk mmembantu Anda dalam mendesain kemasan yang menarik dan berkualitas. Kami juga dapat menangani berbagai macam desain grafis lainnya. Hubungi kami di kontak .

Leave a Reply

%d bloggers like this: