Kebutuhan pelanggan dan spesifikasi produk berguna untuk pengarahan pada tahap konsep pengembangan produk, namun selama kegiatan pengembangan, tim sering mengalami kesulitan menghubungkan kebutuhan dan spesifikasi ke masalah-masalah desain khusus yang mereka hadapi. Untuk alasan ini, banyak tim melakukan desain untuk manufaktur, yang merupakan merupakan dasar yang penting karena secara langsung berhubungan dengan biaya produksi.

Biaya manufaktur adalah kunci yang menentukan keberhasilan ekonomi dari suatu produk. Dalam tahap yang  sederhana, keberhasilan ekonomi suatu produk tergantung pada profit margin yang diperoleh pada setiap penjualan produk dan jumlah unit produk yang dapat dijual perusahaan. Profit margin adalah selisih  antara harga jual produsen dan biaya pembuatan produk. Jumlah unit yang terjual dan harga jual akan banyak ditentukan oleh keseluruhan kualitas produk. Secara ekonomi keberhasilan suatu desain tergantung pada peningkatan berkualitas produk dengan  meminimalkan biaya produksi. DFM adalah salah satu metodologi untuk mencapai tujuan ini; DFM  yang efektif melakukan pengarahan ke biaya rendah manufaktur tanpa mengorbankan kualitas produk.

desain produk catalog furniture

Dharmawan

Definisi Industri Desain untuk Manufaktur

  • DFM berarti membuat desain produk yang berbasis manufaktur.
  • DFM berkaitan desain produk untuk semua aspek dari proses manufaktur  dalam rangka untuk mengoptimalkan kemampuan manufaktur dari desain awal.
  • DFM merupakan proses pengembangan produk yang melibatkan tim yang terdiri dari perwakilan dari manufaktur serta semua entitas fungsional lainnya dalam proses pengembangan produk.
  • DFM adalah proses desain produk yang mengoptimalkan penyesuaian dengan kemampuan manufaktur dari organisasi terkait.
  • DFM adalah komunikasi dan kolaborasi antara manufaktur dan desain untuk menghasilkan kualitas produk yang meminimalkan manufaktur hindrances.
  • DFM adalah penggunaan CAD, sistem dan peralatan komputer lainnya yang ahli untuk merancang dan mengembangkan produk yang relatif mudah untuk manufaktur.
  • DFM adalah proses untuk mengurangi waktu menuju pasar, meningkatkan kualitas, meningkatkan kinerja proses, peningkatan keuntungan, dan akhirnya untuk meningkatkan daya saing perusahaan manufaktur dengan mengatasi masalah pada konsep awal desain dan tahap prototipe desain produk dan proses pengembangan.

sumber : https://indrasinurat.wordpress.com/2009/05/02/design-for-manufacturing/

Untuk Anda yang berdomisili di Jakarta, Semarang, dan sekitarnya, jika Anda membutuhkan jasa desain katalog produk Perusahan. Kami Sooca Design Firm siap membantu Anda dalam mendesain katalog produk yang menarik dan berkualitas. Sooca Design Firm  juga dapat menangani berbagai macam desain grafis lainnya. Hubungi kami di kontak.

Leave a Reply

%d bloggers like this: