Desain Annual Report yang bagus tak harus memiliki banyak gambar atau memiliki banyak sekali warna. Yang terpenting dalam sebuah desain annual report adalah bagaimana agar seluruh informasi dalam annual report atau laporan keuangan tahunan bisa disampaikan atau diinformasikan secara jelas dan menyeluruh.

Dalam mendesain sebuah annual report, yang perlu diperhatikan adalah kejelasan informasi yang disampaikan. Akan menjadi sangat percuma jika Anda mendesain annual report dengan sangat bagus dan terlihat menarik tetapi informasi laporan tahunannya malah acak-acakan dan bahkan tidak jelas maksud dan isinya.desain-annual-report-perusahaan-tambang-hexindo-draft4

Tips Mendesain Annual Report yang bagus

Informasi yang diinfokan sangat jelas.

Dalam membuat sebuah annual report, seluruh informasi yang tertuang dalam buku laporan harus sangatlah padat, jelas dan tidak bertele-tele. Kebanyakan orang akan merasa mudah bosan ketika membaca annual report, hal ini bisa dimengerti karena annual report biasanya terdiri dari chart dan angka-angka yang membuat mata lelah dan suntuk ketika membacanya.

Berikanlah informasi yang super lengkap dan jelas dalam annual report yang Anda buat tanpa mengenyampingkan masalah desain annual report itu sendiri.

Tidak terlalu bertele-tele

Membaca annual report boleh jadi merupakan sebuah pekerjaan yang paling membosankan bagi sebagian kalangan. Untuk itu, hilangkanlah kata-kata atau kalimat yang hanya akan membuat pembaca merasa jenuh dan mudah bosan.

Desain yang Kreatif dan Atraktif

Desain dalam sebuah annual report adalah hal yang sangat wajib. Semakin bagus desain annual report Anda, maka akan semakin baik pandangan orang atau perusahaan lain terhadap perusahaan Anda.

Desain annual report yang baik akan menggambarkan profesionlitas perusahaan Anda. Selain itu, desain annual report yang bagus juga akan membuat pembaca merasa senang dan tidak mudah bosan saat membaca annual report yang Anda buat.

Mendesain annual report bagi sebagian orang bukanlah yang mudah, bahkan sebagian perusahaan banyak yang mencari-cari jasa desainer grafis untuk membuat sebuah annual report agar annual report yang dibuat jauh terlihat professional.

SoocaDesign pun hadir sebagai salah satu jawaban atas kebutuhan Anda pada jasa desain desain annual report berpengalaman di Jakarta.

One comment
  • Anab Afifi
    Posted on November 25, 2013 at 14:54

    ANNUAL REPORT YANG KOMUNIKATIF DAN MENJUAL
    Ada pertanyaan yang paling sering mucul dalam setiap sesi training saya. Bagaimana menyusun Annual Report yang baik?

    Jawaban singkatnya tentulah yang “komunikatif dan menjual”.

    Mengapa sebuah Annual Report harus komunikatif dan menjual? Karena Annual Report merupakan media komunikasi pemasaran yang kreatif bagi perusahaan guna menambah daya tarik perusahaan di mata pemegang saham, konsumen, masyarakat serta stakeholders-nya. Tujuannya, menginformasikan prestasi perusahaan yang nantinya diharapkan mampu mengubah persepsi publik.

    Dan untuk memenuhi tuntutan tersebut, sebuah Annual Report atau Laporan Tahunan haruslah memenuhi tiga aspek utama.

    Pertama, harus bagus dari sisi penulisan. Tekniknya menggunakan pendekatan PR Writings. Penulisan yang mampu membangun “citra positif yang kuat” guna mendukung pemasaran dan kampanye korporat (corporate campaign).

    Kedua, harus bagus dari sisi desain visual. Penyajian desain, lay out, fotografi yang komunikatif. In line dengan konsep pesan isi buku. Mengikuti tren desain yang berlaku.

    Ketiga, harus bagus dari sisi konten. Penulisan isi dan uraian-uraiannya harus sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku. Baik kaidah OJK (Otoritas Jasa Keuangan) maupun Annual Report Award (ARA). Dari sisi ARA, ukurannya adalah peroleh skor Annual Report Award (ARA) yang tinggi. Bisa masuk 4 besar ARA dengan skor rata-rata 78 ke atas.

    Para pemenang Annual Report Award (ARA) 2012 sudah pasti memenuhi tiga aspek tersebut. Nah, kini giliran Anda. Terlepas untuk kontes ARA ataupun tidak, tiga hal itu merupakan keniscayaan yang tidak bisa dibantah.

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: