Cetak Brosur Murah: Perhatikan Pula Desainnya

Sering kita jumpai percetakan dengan promo Cetak Brosur Murah, cetak pamflet murah, dan sebagainya. Ya, memang tidak salah, seiring bertambahnya kebutuhan dan permintaan pasar, biaya cetak yang dulu terkesan mahal, kini bisa menjadi murah. Apalagi didukung oleh kemjuan teknologi yang terus berusaha menekan biaya produksi sehinggi terjadi efisiensi biaya, membuat biaya cetak semakin murah.

Namun demikian, seolah konsumen, dalam hal ini pemilik usaha atau marketer, seolah hanya memperhatikan biaya cetak. Padahal dalam satu unit materi promosi, ada pos anggaran desain grafis yang harus diupayakan sehingga tercapai dampak yang maksimal. Mengapa hal ini penting? Ada beberapa alasan yang perlu dipahami. Berikut penjabarannya.

lihat pula Cetak Brosur Banyak atau Desain Brosur yang Baik

Desain adalah Investasi

Ya, desain adalah investasi, minimal untuk materi promosi Anda. Jadi begini, anggaran promosi Anda untuk cetak katakanlah 100jt, jika dialokasikan 10-20% nya saja untuk desain, berarti ada maksimal 90jt untuk biaya cetak. Jika Anda ingin cetak ulang dengan desain yang sama dan budget yang sama, maka alokasi untuk cetak bisa maksimal 100jt, tanpa dikurangi biaya desain. Karena desain itu fix sedang cetak itu variable cost. Belum lagi pembangunan citra merek, efektifitas desain mempengaruhi respon pembelian, dan dampak positif lainnya. Maka saran kami, berinvestasi pula di Desain, dan dapatkan hasilnya.

Murah itu jika Hasil yang didapat sesuai dengan upaya

Cetak Murah, sebentar, murah yang seperti apa. Murah itu sebenarnya persepsi, dan jadi senjata utama beberapa orang marketing. Tapi perlu kita pahami, bahwa murah itu jika budget yang kita keluarkan, menghasilkan lebih dari yang kita targetkan, minimal sesuai dengan target yang ingin kita capai. Nah, dalam hal ini adalah anggaran promosi, maka anggaran cetak tidak dapat langsung dijadikan acuan, karena variable anggaran untuk promosi masih beragam.

Mahal itu jika usaha Anda sia-sia
Bisa jadi usaha Anda sia sia. Ini bisa saja terjadi, apalagi materi promosi Anda tidak direncanakan dengan baik. Anda sudah mencetak ribuan brosur dan disebar di penjuru kota, tapi order yang diterima tidak terlalu bagus. Nah, bisa jadi itu disebabkan karena desain dan konten materinya tidak menarik, atau metode penyebarannya tidak sesuai. Nah, itulah mahal, sekalipun biaya cetak Anda sangat murah.

 

Brand Image juga perlu dijaga

Sebagai orang Marketing, sering kita melupakan hal satu ini, Brand. Fokus kita di jangka pendek yaitu tercapainya angka penjualan membuat kita lupa, bahwa Brand Image perlu dijaga. Brand merupakan investasi jangka panjang yang perlu kita perhatikan. Nah, jika kita juga memberikan perhatian terhadap Brand, desain yang sembarangan, terkesan kumuh, pasti kita hindari. Karakter Brand yang kita harapkan agaknya turut di implementasikan di desain promosi yang kita buat. Nah, objektif nya dapat efek ganda, Sales dapat, Brand Image yang positif juga dapat.

 

Benarkah biaya cetak itu murah
Nah, sudah yakinkah biaya cetak materi promosi Anda murah? Setidaknya poin poin diatas dapat menjadi pertimbangan Anda dalam menyikapi promo cetak murah yang sering di dengung dengungkan.

Cetak Brosur Murah

Leave a Reply

%d bloggers like this: