Bagaimana membuat Iklan Restoran Baru

Anda baru saja membuka sebuah restoran dan ingin membuat iklan untuk memperkenalkannya kepada calon pelanggan Anda? Berikut adalah beberapa tips untuk Anda.

Iklan restoran atau rumah makan dapat melalui berbagai media. Spot radio, iklan koran, hingga kupon dan voucher merupakan beberapa cara untuk memperkenalkan restoran yang baru. Anda dapat menyewa jasa praktisi PR untuk membantu mengkomunikasikan pesan restoran atau bisa juga Anda lakukan sendiri. Iklan dijalankan dari setiap moment yang terjadi, bahkan bisa saja tema iklan dalam 1 tahun berubah hingga berkali-kali.

Namun demikian, sebelum Anda membuat iklan, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

  1. Kenali pelanggan Anda. Siapa yang tertarik makan di restoran Anda? Keluarga? profesional ? Mereka mencari yang tempat yang mudah dan praktis, makan cepat atau makan malam santai. Anda sudah harus tahu siapa target pasar Anda yang dituangkan dalam rencana bisnis restoran Anda.
  2. Tahu dimana beriklan. Jika Anda berharap untuk memikat keluarga yang sedang berlibur, beriklanlah di media transportasi wisata, atau panduan wisata regional lainnya adalah investasi yang baik. Dalam istilah periklanan, biasa disebut Media Placement atau penempatan media iklan.
  3. Buat strategi untuk mencapai pelanggan restoran potensial. Strategi ini biasanya akan tergantung pada anggaran Anda. Iklan TV lebih mahal daripada iklan radio, yang lebih mahal daripada iklan surat kabar. Pikirkan tentang target pasar Anda dan di mana mereka paling mungkin untuk menjumpai iklan Anda. Jika Anda membuat kafe untuk anak muda, mensponsori acara musik kampus sangat masuk akal. Jika Anda ingin membawa keluarga, menempatkan kupon gratis makan khusus anak-anak di koran Minggu akan menjadi langkah yang baik.
  4. Jelas menyatakan pesan restoran Anda. Apa yang membedakan Anda dari pesaing Anda? Apakah Anda memiliki menu special untuk anak-anak atau prasmanan? Apakah Anda menawarkan harga termurah di wilayah Anda? Anda perlu mencapai target audiens Anda dan menanamkan pesan hingga mereka akan ingat. Ibu Sibuk tidak mungkin untuk peduli jika Anda memiliki fasilitas TV layar lebar dengan empat pertandingan bola yang berbeda sekaligus. Tapi mereka akan gembira saat mengantar anak-anak – makan menu khusus dan bernutrisi. Sebaliknya, anak muda pergi keluar malam tidak akan berduyun-duyun ke sebuah rumah makan yang menawarkan buku mewarnai dan krayon gratis dengan makanan anak-anak.

Jika 4 poin diatas sudah Anda perjelas dalam lembar strategi pemasaran restoran, makan Anda dapat menghubungi biro iklan atau Graphic Design Agency yang memberikan jasa pembuatan desain iklan restoran. Anda dapat mempercayakannya pada Sooca Design Firm. Jika restoran Anda di Semarang dapat menghubungi no 085 641 096 099 dan jika di Jakarta dapat menghubungi no 0819 0166 0223.

sumber: http://restaurants.about.com/od/marketing/ht/Advert_New.htm

Leave a Reply

%d bloggers like this: